Gak Sesimpel Itu

Waktu kecil ditanya cita-cita mau jadi apa, kebanyakan dari kalian jawabnya apa? Kalo gue dulu pengen jadi pilot atau astronot.

Waktu kecil hidup tuh di mata kita sederhana banget yah, ditanya cita-cita bisa langsung jawab mau jadi A, B, C atau D, tanpa mikir panjang. Makin dewasa ditanya, “Apa rencana kamu 5 tahun ke depan?” aja kadang mikirnya lama. Langsung kepikiran plan A, B, C, D & E banyak pilihan, banyak rute yang bisa diambil, dan gak semudah kita ngelakuin 10 step Korean skin care routine, eh itu susah sih hahaha.

Iya, makin dewasa kita paham bahwa hidup itu dan segala pilihannya yang kita ambil itu gak mudah. Kecuali lo emang terlahir kaya dan tanpa masalah ya, bebas ngelakuin apa aja. Lah kalo kita, kelas menengah ngehej, mau punya plan A dalam hidup aja, masya Allah kadang ribet banget yang perlu dijalani, contoh, mau beli rumah, itu denger cerita temen-temen gue semuanya ribet banget ngurus ini dan itu, ke sana dan ke mari, belum lagi pusing bayar cicilan. Dulu saat kecil enak banget kita gak mikirin itu semua dan suka ngakal, “aku mau punya rumah tingkat dan ada kolam renang ya!”. Yah, punya rumah tipe 36 aja udah bersyukur kali yah kita.

Kadang gue kangen ada di masa-masa kaya anak kecil, di mana pilihan dalam hidup itu gak terlalu banyak, masalah cuma sama temen sekolah, orang rumah dan guru, udah. Cuma kangen aja, diri ini sadar kok kalo itu gak mungkin haha. Ya semakin bertambah usia, semakin bertambah masalah. Doa orang saat ulang tahun “semoga bahagia selalu” itu kadang dibutuhkan. Sekedar doa itu berarti. Karena emang semakin dewasa selain duit, kebahagiaan adalah hal yang terpenting.

Semakin dekat dengan pergantian usia, semakin sering gue berpikir, apa gue bahagia?

Sampe sekarang, gue masih belum tau jawabannya. Karena semakin dewasa, ngerasain bahagia itu lebih susah. Setuju?

2 thoughts on “Gak Sesimpel Itu

Leave a comment